Manasik UMROH
MANASIK UMROH
1. DAFTAR ISI
4. HUKUM UMROH
5. SYARAT UMRAH
6. RUKUN UMROH
MUQADDIMAH
Pada dasarnya orang-orang Arab pada zaman jahiliah telah mengenal ibadah haji dan umroh. Ibadah ini mereka warisi dari nenek moyang terdahulu dengan melaksanakan perubahan disana-sini. Akan tetapi, bentuk umum pelaksanaannya masih tetap ada, mirip thawaf, wukuf, dan melontar jumrah. Hanya saja pelaksanaannya banyak yang tidak sesuai lagi dengan syariat yang sebenarnya. Untuk itu, Islam datang dan memperbaiki segi-segi yang salah dan tetap menjalankan apa-apa yang telah sesuai dengan petunjuk syara' (syariat), sebagaimana yang diatur dalam al-Qur'an dan sunnah rasul.
Sebenarnya antara umroh dan haji itu hampir sama, namun ada sedikit hal yang membedakan antara keduanya. Ibadah umrah disebut juga dengan haji kecil ini merupakan ibadah yang tak terpisahkan dengan ibadah haji. Akan tetapi, ibadah umrah dapat juga dilakukan sendiri baik di luar demam isu haji atau di dalam demam isu haji.
DEFINISI UMRAH
Umroh secara bahasa berasal dari bahasa Arab yaitu الاعتمار yang bermakna الزيارة (berpergian). Sedangkan pengertian umroh dalam terminologi ilmu fiqih ialah berpergian menuju ke baitullah untuk melaksanakan serangkaian ibadah umroh, yakni tawaf dan sa’i. Atau dengan kata lain datang ke baitullah untuk melaksanakan umroh dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.
Dengan demikian, dalam definisi ibadah umroh ada 4 unsur penting. Yaitu berpergian, baitullah, rukun umroh (serangkaian ibadah umroh), dan syarat umroh.
Umrah (bahasa Arab: عمرة) ialah salah satu acara ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melaksanakan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.
Pada istilah teknis syari'ah, Umrah berarti melaksanakan tawaf di Ka'bah dan sa'i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai ihram yang diambil dari miqat. Sering disebut pula dengan haji kecil.
Perbedaan umrah dengan haji ialah pada waktu dan tempat. Umrah dapat dilaksanakan sewaktu-waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun) dan hanya di Mekkah, sedangkan haji hanya dapat dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah serta dilaksanakan hingga ke luar kota Mekkah.
DALIL-DALIL IBADAH UMRAH
1. Dalil Al-Quran
Dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 196 Yang Mahakuasa SWT. berfirman :
وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ
Artinya : “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan 'umrah karena Allah.”
2. Dalil Hadits
Di dalam Hadits nabi menyebutkan dalam beberapa hadits mengenai umroh itu sendiri. Diantara hadits-hadits terebut adalah
عُمْرَةٌ فِى رَمَضَانَ تَعْدِلُ حِجَّةً (رواه ابن ماجه)
Artinya :“Umroh pada bulan Ramadlan itu setara dengan Haji”. (Sunan Ibnu Majjah, hadits no 3106.)
HUKUM UMROH
Kalangan andal fiqh menyepakati legalitas umroh dari segi syara’ dan ia wajib bagi orang yang disyariatkan untuk menyempurnakannya. Namun mereka berbeda pendapat mengenai hukumnya dari segi wajib dan tidaknya ke dalam dua arus pendapat berikut.
1. Sunnah Mu’akkadah.
Ini ialah pendapat Ibnu Mas’ud, Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Asy-Syafi’i, Imam Ahmad menurut salah satu versi pendapat, juga Abu Tsaur dan kalangan mazhab Zaidiyah.
Pendapat mereka didasarkan atas sabda Nabi SAW tatkala ditanya wacana umroh, apakah ia wajib atau tidak? Beliau menjawab,” Tidak. Namun jikalau kalian umroh, maka itu lebih baik,” Juga berdasarkan sabda Nabi SAW:
الحج جهاد والعمرة تطوع
Artinya : “Haji ialah jihad, sementara umroh hanya tathawwu’ “
Alasan lain, umroh ialah nask (ibadah) yang pelaksanannya tidak ditentukan waktu, maka ia pun tidak wajib sebagaimana halnya thawaf mujarrad.
2. Wajib
Terutama bagi orang-orang yang diwajibkan haji. Pendapat ini dianut oleh Imam Asy-Syafi’i menurut versi yang paling sahih di antara kedua pendapatnya, Imam Ahmad menurut vers lain, Ibnu Hazm, sebagian ulama mazhab Maliki, kalangan mazhab Imamiyyah, Asy-Sya’bi, dan Ats-Tsauri.
Pendapat ini juga merupakan pendapat lebih banyak didominasi ulama dari kalangan sahabat dan lainnya, dan mereka bersepakat bahwa pelaksanannya hanya sekali seumur hidup sebagaimana halnya haji.
SYARAT UMRAH
Syarat umrah ialah perkara yang harus terpenuhi sebelum melaksanakan umroh (umrah). Secara umum, syarat-syarat haji dan umrah ialah sama ada 4 perkara, antara lain :
1. Berakal sehat.
Umrah tidak diwajibkan kepada orang tidak berakal (gila) dan tidak sah jikalau dilakukan.
Orang gila bekerjsama tidak mempunyai beban atau bukan seorang mukallaf. Kalau dia naik haji atau umroh dan dapat melaksanakan kewaiban yang dilakukan oleh orang yang berakal, maka haji atau umrohnya itu tidak diberi pahala dari kewajiban ittu, sekalipun pada waktu itu logika sehatnya sedang datang kepadanya. Tapi kalau gilanya itu musiman dan bisa sadar (sembuh) sekitar pelaksanaan haji atau umroh, hingga melaksanakan kewajiban dan syarat-syaratnya dengan sempurna, maka dia wajib melaksanakannya. Tapi kalau diperkirakan waktu sadarnya itu tidak cukup untuk melaksanakan semua kegiatan-kegiatan haji atau umroh, maka kewajiban itu gugur.
2. Baligh.
Umrah tidak diwajibkan bagi kanak-kanak. Sah jikalau dilakukan tetapi tidak mengugurkan kewajiban anak tersebut untuk mengerjakan umrah setelah remaja kelak. Anak kecil tidak diwajibkan berhaji atau pun umroh, baik yang sudah mumayyiz(anak sudah mulai bisa membedakan mana hal yang bermanfaat baginya dan mana hal yang membahanyakan dirinya) maupun yang belum. Kalau sudah mumayyiz ia naik haji atau umroh maka sah, tetapi pelaksanaan haji atau pun umroh yang sebelummumayyiz itu merupakan sunnah dan kewajiban melaksanakan haji atau pun umroh tidak gugur. Setelah baligh dan bisa atau mampu, ia wajib melaksanakan haji atau pun umroh lagi, menurut akad ulama mazhab.
3. Mampu.
Mampu untuk menunaikannya sendiri ataupun bisa mengerjakannya dengan pinjaman orang lain (badal umrah).
Secara sepakat para ulama mazhab menetapkan bisa atau bisa itu merupakan syarat kewajiban haji atau pun umroh, berdasarkan firman Alloh SWT dari surat Ali ‘Imron ayat 97 yang berbunyi :
فِيهِ آيَاتٌ بَيِّـنَاتٌ مَّقَامُ إِبْرَاهِيمَ وَمَن دَخَلَهُ كَانَ آمِناً وَلِلّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ الله غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ
Artinya : “Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim, barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji ialah kewajiban insan terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup Mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), Maka Sesungguhnya Yang Mahakuasa Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (Q.S. Ali ‘Imron 97)
4. Islam.
Umrah tidak diwajibkan bagi orang kafir, dan tidak sah apabila dilakukan oleh orang kafir, demikian juga untuk orang yang murtad. Orang non muslim tidak sah dalam melaksanakan haji atau umrah. Jika dia berkunjung ke tanah suci bahkan mengikuti ibadah haji atau umrah mirip thawaf dan sa'i maka perjalanan haji atau umrahnya hanya sebatas melancong saja.
5. Merdeka
Maksud dari merdeka ini ialah tidak berstatus sebagai budak (hamba sahaya di masa Rasulullah Saw yang di masa modern ini hampir tidak ditemukan di dunia). Istilah merdeka juga bisa diartikan bebas dari tanggungan hutang dan tanggungan nafkah keluarga yang ditinggalkan
RUKUN UMROH
Rukun dalam ibadah umroh di bagi menjadi empat episode yang mana tidak sah suatu ibadah umroh jikalau tidak mengerjakan rukun-rukun tersebut, rukun umroh antara lain :
1. Ihram.
2. Tawaf.
3. Sa`i.
4. Tahallul
5. Tertib (berurutan)
A. Ihram
Bagi orang yang hendak beribadah umrah, maka ia wajib melaksanakan ihram krena hal tersebut episode dari rukun umrah.
Kewajiban-kewajiban ihram.
Dalam ihram ada tiga hal yang wajib dilakukan yaitu :
1. Niat.
Tidak ada perbuatan yang dilakukan dengan sadar tanpa adanya niat. Niat sebagai motivasi dari perbuatan, dan niat merupakan hakikat dari perbuatan tersebut. Dengan kata lain jikalau berihram dalam keadaan lupa atau main-main tanpa niat maka ihramnya batal.
Lafadz niat umrah ialah :
نويت العمرة وأحرمت بها لله تعالى
Teks latin: “Nawaitul umrota wa ahromtu biha lillahi ta'ala.”
Artinya: Saya niat umrah dan ihram umrah karena Yang Mahakuasa Ta’ala.
2. Membaca Talbiyah.
Lafadz talbiyah adalah :
لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيْكَ. لَبَّيْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ. اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَاْلمُلْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ.
“labbaikallahumma labbaika, la syarika laka labbaika, innal hamda wan ni`mata laka wal mulka la syarika laka”.
Artinya : “Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, saya datang memuhi panggilan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu, saya dating memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan ialah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.”
Waktu membaca talbiyah bagi orang yang berihram, dimulai dari waktu ihram.
3. Memakai pakaian ihram.
Para ulama madzhab sepakat bahwa lelaki yang ihram tidak boleh memakai pakaian yang terjahit, dan tidak pula kain sarung, juga tidak boleh memakai baju dan celana, dan tidak boleh pula yang menutupi kepala dan wajahnya.
Kalau perempuan harus memakai penutup kepalanya, dan membuka wajahnya kecuali kalau takut dilihat lelaki dengan ragu-ragu. Perempuan tidakboleh memakai sarung tangan, tetapi boleh memakai sutera dan sepatu.
Hal-hal yang disunnahkan pada waktu hendak ihram.
Sebagaimana yang tercantum dalam buku Fiqh Lima Madzhab karya Muhammad Jawwad Mughniyah, berikut ini ialah hal-hal yang disunnahkan dikala waktu hendak melaksanakan ihram :
1. Membersihkan badan.
2. Memotong kuku.
3. Mencukur.
4. Melakukan shalat ihram.
5. Melebatkan rambut.
6. Memakai wangi-wangian.
Hal-hal yang dilarang dalam ihram.
Sebagaimana yang tercantum dalam buku Fiqh Lima Madzhab karya Muhammad Jawwad Mughniyah, berikut ini ialah hal-hal yang dilarang dalam melaksanakan ihram :
1. Kawin.
2. Bersetubuh.
3. Memakai wangi-wangian.
4. Bercelak.
5. Memotong kuku
6. Memotong rambut
7. Menebang pohon.
8. Melihat dirinya di dalam cermin.
9. Memakai pacar.
10. Memakai payung dan penutup kepala.
11. Memakai pakaian yang terjahit dan memakai cincin.
12. Berbuat kefasikan dan bertengkar.
13. Berbekam.
14. Membunuh hewan.
15. Memburu binatang.
B. Tawaf
Tawaf (طواف / thawaf) ialah suatu ritual mengelilingi Ka'bah (bangunan suci di Mekkah) sebanyak tujuh kali sebagai episode pelaksanaan ibadah haji atau umrah. Tawaf merupakan salah satu dari rukun umrah yang wajib di laksanakan, adapun mengenai pembagiannya, ulama membagi menjadi tiga bagian, yaitu :
1. Tawaf Qudum.
Tawaf ini dilakukan oleh orang-orang yang jauh (bukan orang mekkah dan sekitarnya) ketika memasuki mekkah.tawaf ini ibarat sholat dua rakaat tahiyatul masjid. Tawaf ini hukumnya sunnah, dan yang meninggalkannya tidak dikenakan apa-apa.
2. Tawaf Ziarah.
Tawaf ini juga dinamakan tawaf ifadhah. Tawaf ini dilakukan oleh orang yang haji (bukan orang yang umrah) setelah melaksanakan manasik di mina, dinamakan tawaf ziarah karena meninggalkan mina dan menziarahi baitullah. Tapi juga dinamakan tawaf ifadhah karena ia telah kembali dari mina ke mekkah.
3. Tawaf Wada`
Tawaf ini merupakan perbuatan yang terakhir yang dilakukan oleh orang yang haji ketika hendak melaksanakan perjalanan meninggalkan mekkah.
NAMA 4 (EMPAT) POJOK KA'BAH
Setiap pojok (bahasa Arab: rukn) Ka'bah memiliki nama sendiri-sendiri sebagai berikut :
1. Pojok sebelah timur: Hajar Aswad
2. Pojok sebelah utara: Rukun Iraqi
3. Pojok sebelah barat: Rukun Syami
4. Pojok sebelah selatan: Rukun Yamani
C. Sa’i
Ibadah Sa'i merupakan salah satu rukun umrah yang dilakukan dengan berjalan kaki (berlari-lari kecil) bolak-balik 7 kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya. Kedua bukit yang satu sama lainnya berjarak sekitar 405 meter.
Ketika melintasi Bathnul Waadi yaitu tempat yang terletak di antara bukit Shafa dan bukit Marwah (saat ini ditandai dengan lampu neon berwarna hijau) para jama'ah pria disunatkan untuk berlari-lari kecil sedangkan untuk jama'ah wanita berjalan cepat.
Hal-hal yang disunnahkan ketika sa’i
Terdapat hal-hal yang disunnahkan bagi orang yang sedang melaksanakan sa`i diantaranya :
1. Disunnahkan menaiki bukit shafa dan marwah serta berdo`a diatas kedua bukit tersebut sekehendak hatinya, baik duduk perkara agama maupun dalam duduk perkara dunia sambil menghadap ke baitullah.
2. Melambaikan tangan ke hajar aswad.
3. Minum air zam-zam.
4. Menuangkan sebagian air ke tubuh.
5. Keluar dari pintu yang tidak berhadapan dengan hajar aswad.
6. Naik ke bukit shafa, menghadap ruknul iraqi, berhenti lama di shafa, dan bertakbir kepada Yang Mahakuasa sebanyak tujuh kali.
Barang siapa yang tidak bisa melaksanakan sa`i walau dengan mengendarai kendaraan, maka hendaklah meminta orang untuk mewakilinya, dan hajinya tetap sah. Boleh menoleh ke kanan, ke kiri, ke belakang ketika pergi dan pulang (kembali).
Orang yang menambah lebih tujuh kali dengan sengaja, maka sa`i-nya dianggap batal, tetapi tidak batal kalau lupa. Apabila ragu-ragu dalam jumlah maka sa`inya tetap dianggap sah, dan tidak diwajibkan sesuatu apa-apa baginya.
Kalau ia ragu apakah ia memulai dari shafa, yang berarti sa`i-nya sah, atau mulai dari yang lain yang mengakibatkan sa`i-nya batal, maka hal ini perlu diperhatikan: kalau orang yang ragu tersebut dalam hal jumlah dan bilangan, tidak mengetahui berapa kali ia melakukannya maka-sa`inya batal. Tapi kalau ia benar-benar mengetahui berapa kali ia telah berjalan dan hanya ragu darimana ia memulai, maka kalau jumlah yang dilakukannya itu genap apakah dua kali, empat kali, atau enam kali dan ia sedang berada di shafa atau sedang menghadap ke shafa, maka sa`i-nya sah karena ia mengetahui bahwa ia telah memulai dari shafa.
D. Tahallul
Tahallul secara harfiah artinya dihalalkan, dalam haji dan umrah maksudnya ialah diperbolehkannya jamaah haji dari larangan /pantangan ihram.
Caranya dengan menggunting minimal 3 helai atau memotong rambut setelah selesai tawaf dan sa'i.
E. Tertib
Tertib berarti berurutan, yaitu seluruh prosesi 1 hingga 4 harus dilaksanakan secara berurutan.
Ulama` sepakat bahwa sa`i dilakukan setelah tawaf. Orang yang melaksanakan sa`i sebelum tawaf maka ia harus mengulangi lagi (ia harus bertawaf kemudian melaksanakan sa`i).
DAM DI DALAM IHRAM
Macam-macam dam / denda yang wajib di dalam ihram alasannya ialah meninggalkan kewajiban atau melaksanakan keharaman. Dam yang wajib di dalam ihram ada lima perkara sebagaimana yang terdapat dalam kitab fathul qarib karya Ibnu Qosim Alghozi :
1. Dam yang Wajib Sebab Meninggalkan Ibadah
Maksudnya meninggalkan sesuatu yang diperintahkan mirip meninggalkan ihram dari miqat. Dam ini dengan cara berurutan/ tertib.
Maka alasannya ialah meninggalkan sesuatu yang diperintahkan, pertama kali yang wajib ialah satu ekor kambing yang mencukupi digunakan untuk kurban.
Jika ia tidak menemukannya sama sekali, atau menemukan dengan harta di atas harga standar, maka wajib melaksanakan puasa sepuluh hari, tiga hari dikala ihram haji. Disunnahkan tiga hari tersebut dilaksanakan sebelum hari Arafah, maka ia berpuasa pada hari ke enam, tujuh dan delapan bulan Dzil Hijjah. Dan puasa tujuh hari ketika ia sudah kembali ke keluarganya dan tempat tinggalnya.
Tidak diperkenankan melaksanakan puasa tujuh hari tersebut di tengah perjalanan pulang. Jika ia berkehendak untuk bertempat tinggal di Makkah, maka lakukanlah puasa tersebut di sana, sebagaimana keterangan di dalam kitab al Muharrar.
Apa yang telah disampaikan Mushannif (pengarang kitab fathul qarib) bahwa dam tersebut ialah dam tertib, itu sesuai dengan keterangan di dalam kitab ar Raudlah, kitab asalnya Raudlah dan kitab Syarh al Muhadzdzab.
Akan tetapi keterangan di dalam kitab al Minhaj yang mengikut kepada kitab al Muharrar menjelaskan bahwa dam tersebut ialah dam tartib wa ta’dil.
Sehingga, pertama wajib membayar seekor kambing. Kemudian jikalau tidak mampu, maka wajib menggunakan kadar harga kambing tersebut untuk membeli materi makanan dan mensedekahkannya. Kemudian jikalau tidak mampu, maka wajib berpuasa sehari sebagai ganti dari setiap mudnya.
2. Dam yang Wajib Sebab Mencukur Rambut dan Enak-enakan
Seperti memakai wangi-wangian, memakai minyak -di rambut kepala atau jenggot- dan mencukur adakalanya seluruh rambut kepala atau tiga helai rambut saja. Dam ini dengan cara takhyir (diperkenankan memilih).
Maka wajib adakalanya satu ekor kambing yang mencukupi digunakan kurban, atau puasa tiga hari, atau berinfak tiga sha’ materi makanan untuk enam orang miskin atau faqir, masing-masing mendapat setengah sha’ materi makanan yang mencukupi digunakan untuk membayar zakat fitrah.
3. Dam yang Wajib Sebab Ihshar (Tercegah Dari Wukuf).
Maka bagi orang yang ihram -yang di ihshar- wajib niat tahallul dengan menyengaja keluar dari ibadah hajinya alasannya ialah ihshar, dan memberi hadyah, maksudnya menyembelih satu ekor kambing di tempat di mana ia di ihshar, dan mencukur rambutnya setelah menyembelih kambing tersebut.
CATATAN :
Dam ini untuk orang yang melaksanakan ibadah haji dan umrah. Jika seseorang hanya melaksanakan ibadah umrah saja, maka dam ini tidak berlaku dikarenakan dalam ibadah umrah tidak terdapat wukuf.
4. Dam yang Wajib Sebab Membunuh Binatang Buruan.
Dam ini dengan cara takhyir (diperkenankan memilih) di antara tiga perkara.
Jika binatang buruan tersebut memiliki binatang yang mirip. Yang dimaksud ialah binatang yang mirip dengan binatang buruan tersebut ialah binatang yang mendekati bentuknya. Mushannif menyebutkan yang pertama dari tiga perkara ini di dalam perkataan beliau, “ maka ia wajib mengeluarkan binatang ternak yang mirip dengan binatang buruan tersebut. Maksudnya ia menyembelih binatang ternak yang mirip tersebut dan mensedahkannya kepada fakir miskin tanah Haram.
Maka di dalam membunuh burung onta, wajib mengeluarkan satu ekor onta. Di dalam membunuh sapi dan keledai liar, wajib mengeluarkan satu ekor sapi. Dan di dalam membunuh kijang, wajib mengeluarkan satu ekor kambing.
Untuk contoh-contoh binatang buruan lainnya yang memiliki kemiripan dengan binatang ternak, dijelaskan di dalam kitab-kitab yang diperluas penjelasannya.
Mushannif menyebutkan yang ke dua -dari tiga perkara tersebut- di dalam perkataannya, “atau mengkalkulasinya”, maksudnya ternak yang serupa tersebut dengan uang dirham diubahsuaikan dengan harga di negara Makkah di hari dikala mengeluarkan denda tersebut. Hasil kalkulasinya digunakan untuk membeli materi makanan yang mencukupi digunakan untuk zakat fitrahh, kemudian disedekahkan kepada fakir miskin tanah Haram.
Mushannif juga menyebutkan yang ke tiga di dalam perkataan beliau, “atau berpuasa sehari sebagai ganti dari setiap mudnya”. Jika masih tersisa kurang dari satu mud, maka sebagai gantinya ia berpuasa satu hari.
Jika binatang buruan tersebut tidak memiliki kemiripan, maka ia diperkenankan memilih di antara dua perkara yang dijelaskan mushannif di dalam perkataannya, maka ia mengeluarkan materi makanan sejumlah kadar harga binatang tersebut dan mensedekahkannya. Atau berpuasa satu hari sebagai ganti dari setiap mudnya. Jika masih tersisa kurang dari satu mud, maka menggantinya dengan puasa satu hari.
5. Dam yang Wajib Sebab Wathi’ (Hubungan Intim)
Hubungan intim yang dilakukan oleh orang yang berakal dan tahu akan keharamannya, baik jima’nya pada jalan depan atau belakang. Dam ini dengan cara tertib.
Sebab hal ini, maka pertama kali wajib membayar satu ekor ontabadanah. Badanah diungkapkan untuk onta jantan dan betina.Jika ia tidak menemukan, maka wajib membayar satu ekor sapi.Jika tidak menemukan, maka wajib membayar tujuh ekor kambing.
Jika tidak menemukan tujuh ekor kambing, maka wajib mengkalkulasi harga onta badanah dengan dirham sesuai harga negara Makkah di waktu pelaksanaan kewajiban tersebut. Menggunakan hasil kalkulasi tersebut untuk membeli materi makanan dan di sedekahkan kepada faqir miskin tanah Haram.
Tidak ada ukuran pasti di dalam materi makanan yang diberikan kepada masing-masing orang faqir tersebut.
Seandainya ia mensedekahkan berupa dirham, maka hal itu tidak mencukupinya. Jika tidak menemukan materi makanan, maka ia berpuasa sehari sebagai ganti dari setiap satu mudnya.
Pentasarufan (Penyerupaan) Denda
Ketahuilah sesungguhnya binatang hadyah itu terbagi menjadi dua.
Salah satunya ialah hadyah sebab ihshar. Dan hadyah ini tidak wajib dikirimkan ke tanah Haram, bahkan disembelih di tempat terjadinya ihshar.
Yang ke dua ialah hadyah yang wajib alasannya ialah meninggalkan kewajiban atau melaksanakan keharaman. Penyembelihannya tertentu di tanah Haram.
Mushannif menyebutkan yang ke dua ini di dalam perkataan beliau, “pembayaran hadyah dan materi makanan tidak mencukupi kecuali dilaksanakan di tanah Haram.
Minimal perbuatan yang mencukupi ialah ia menawarkan hadyah tersebut kepada tiga orang miskin atau faqir. Dan mencukupi baginya untuk berpuasa di manapun yang ia kehendaki, tanah Haram atau yang lain.
Binatang Buruan dan Tanaman Tanah Haram
Tidak diperkenankan membunuh binatang buruan tanah Haram, walaupun ia dipaksa untuk membunuhnya. Seandainya ada seseorang yang melaksanakan ihram kemudian gila, lalu ia membunuh binatang buruan, maka ia tidak wajib menggantinya menurut pendapat al adhhar.
Tidak boleh memotong tanaman tanah Haram. Dan ia wajib mengganti tanaman yang besar dengan satu ekor sapi, dan tanaman yang kecil dengan satu ekor kambing, masing-masing dari keduanya harus memenuhi kriteria hewan kurban.
Dan juga tidak boleh memotong dan mencabut tanaman tanah Haram yang tidak ditanam oleh manusia, bahkan tumbuh sendiri. Adapun rumput yang kering, maka diperkenankan memotongnya tidak mencabutnya.
Seorang muhil, dengan terbaca dlammah abjad mimnya, maksudnya orang yang halal, dan orang yang sedang ihram, di dalam hukum tersebut statusnya ialah sama.
DOA-DOA DALAM IBADAH UMRAH
Berdoa hukumnya sunnah selama dalam proses berangkat, selama di Makkah dan setelah hingga kembali ke rumah.
A. DOA BERANGKAT HAJI / UMRAH
Saat naik kendaraan untuk berangkat haji/umrah sunnah membaca doa-doa berikut:
Ø Membaca bismillah
Ø Saat di dalam kendaraan membaca :
الحمد لله، سبحان الذي سخر لنا هذا، وما كنا له مقرنين، وإنا إلى ربنا لمنقلبون
Ø Membaca alhamdulillah 3x
Ø Membaca Allahu Akbar 3x
Ø Membaca doa berikut (berdasar hadits sahih):
سبحانك، اللهم إني ظلمت نفسي، فاغفر لي، فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت
Ø Ditambah dengan doa berikut:
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ
Artinya: Ya Allah, kami mohon kepadamu dalam perjalanan ini kebajikan katakwaan dan amal yang Engkau ridhoi Ya Allah, ringankanlah atas kami perjalanan ini, dekatkanlah jaraknya perjalanan ini, Ya Alloh Engkaulah temanku dalam perjalanan ini dan Engkaulah sebagai pengganti yang melindungi keluarga. Ya Allah, saya berlindung kepadaMu dari pada kesusahan perjalanan ini, dari pemandangan yang menyakitkan dan dari nasib yang sial dalam harta dan keluarga.
B. DOA PULANG/KEMBALI DARI HAJI DAN UMRAH
Bacaan doa dan tata cara berikut dapat dilakukan dikala hingga di Tanah Air atau ke rumah:
- Membaca takbir 3x الله أكبر
- Membaca doa berikut (berdasar hadits sahih riwayat Bukhari):
لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد، وهو على كل شيء قدير، آيبون تائبون، عابدون ساجدون، لربنا حامدون، صدق الله وعده، ونصر عبده، وهزم الأحزاب وحده
Dalam teks latin: Lailaha illallah wahdahu la syarika lah. Lahulmulku walahulhamdu wahuwa 'ala kulli syai'in qadir. Ayibuna Ta'ibuna, 'abiduna sajidun. Lirabbina hamidun. Shadaqallahu wa'dah. wanashara abdah. wahazamal ahzaba wahdah.
C. DOA PULANG DARI HAJI/UMRAH SAAT KENDARAAN HAMPIR SAMPAI
Saat kendaraan hampir hingga ke Tanah Air atau kampung halaman, disunnahkan membaca doa berikut (berdasarkan hadits riwayat Ibnus Sunni dalam kitab Al-Adzkar:
اللهم إني أسألك خيرها، وخير أهلها، وخير ما فيها، وأعوذ بك من شرها وشر ما فيها
اللهم اجعل لنا بها قراراً أو رزقاً حسناً، اللهم ارزقنا جناها، وأعذنا من وباها، وحببنا إلى أهلها، وحبب صالحي أهلها إلينا
اللهم اجعل لنا بها قراراً أو رزقاً حسناً، اللهم ارزقنا جناها، وأعذنا من وباها، وحببنا إلى أهلها، وحبب صالحي أهلها إلينا
D. DOA/WIRID TAWAF (KELILING KA'BAH)
Ada 7 (tujuh) kali Putaran tawaf untuk haji atau umrah. Setiap kali Putaran ada bacaan doa tersendiri namun ini sifatnya sunnah tidak wajib. Tidak dibaca juga tidak apa-apa. Berikut doanya :
BACAAN DOA TAWAF SAAT DI RUKUN IRAQI
Doa ini dibaca di setiap Putaran dikala hingga ke Rukun Iraki.
اللهم أعذني من الشرك والكفر والنفاق والشقاق وسوء الأخلاق وسوء المنظر في الأهل والمال والولد
Tulisan latin: Allahumma aidzni minas Syirki walkufri wan nifaqi was Syiqoqi wa su'il akhlaqi wa su'i mandzori fil andal walmali walwaladi.
BACAAN DOA TAWAF SAAT DI RUKUN SYAMI
اللهم اجعله حجاً مبرورا وسعيا مشكورا وذنبا مغفوراً وتجارة لن تبور. رب اغفر وارحم وتجاوز عما تعلم أنك أنت الأعز الأكرم
Tulisan latin : Allahummaj'alhu hajjan mabruro wasa'yan masykuro wadzanban maghfuro watijarotan lan taburo. Robbighfir warham watajawaz amma taklam innaka antal a'azzul akrom.
BACAAN DOA TAWAF SAAT DI RUKUN YAMANI
Saat akan melewati pojok Rukun Yamani dianjurkan mengusapnya kalau bisa, kalau tidak cukup melambaikan tangan.
اللهم إني أعوذ بك من الكفر والفقر وعذاب القبر وأسألك العفو والعافية في الدين والدنيا والآخرة والفوز بالجنة والنجاة من النار
BACAAN DOA TAWAF SAAT BERADA DI ANTARA RUKUN YAMANI DAN HAJAR ASWAD
ربنا أتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار وأدخلنا الجنة مع الأبرار يا عزيز يا غفار يا رب العالمين
BACAAN DOA TAWAF PUTARAN PERTAMA
سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله اكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم والصلاة والسلام على رسول الله. اللهم إيمانا بك وتصديقا بكتابك ووفاء بعهدك وإتباعاً لسنة نبيك وحبيبك محمد صلى الله عليه وسلم اللهم إني أسألك العفو والعافية والمعافاة الدائمة في الدين والدنيا والآخرة والفوز بالجنة والنجاة من النار
BACAAN DOA TAWAF PUTARAN KEDUA
للهم أن هذا البيت بيتك والحرم حرمك والأمن أمنك والعبد عبدك وأنا عبدك وابن عبدك وهذا مقام العائذ بك من النار فحرم لحومنا وبشرتنا على النار. اللهم حبب إلينا الإيمان وزينه في قلوبنا وكره إلينا الكفر والفسوق والعصيان واجعلنا من الراشدين. اللهم قني عذاب النار يوم تبعث عبادك. اللهم ارزقني الجنة بغير حساب
BACAAN DOA TAWAF PUTARAN KETIGA
اللهم إني أعوذ بك من الشك والشرك والشقاق والنفاق وسوء الأخلاق وسوء المنظر والمنقلب في المال والأهل والولد. اللهم إني أسألك رضاك والجنة وأعوذ بك من سخطك والنار. اللهم أني أعوذ بك من فتنة القبر وأعوذ بك من فتنة المحيا والممات
BACAAN DOA TAWAF PUTARAN KEEMPAT
اللهم اجعله حجاً مبرورا وسعيا مشكورا وذنبا مغفورا وعملا صالحا مقبولا وتجارة لن تبور. يا عالم ما في الصدور أخرجني يا الله من الظلمات إلي النور. اللهم إني أسألك موجبات رحمتك وعزائم مغفرتك والسلام من كل إثم والغنيمة من كل بر والفوز بالجنة والنجاة من النار. رب قنعني بما رزقتني وبارك لي فيما أعطيتني وأخلف علي كل غائبة لي منك بخير
BACAAN DOA TAWAF PUTARAN KELIMA
اللهم أظلني تحت ظل عرشك يوم لا ظل إلا ظلك ولا باقي إلا وجهك واسقني من حوض نبيك سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم شربة هنيئة مريئة لا نظمأ بعدها أبدا. اللهم إني أسألك من خير ما سألك منه نبيك سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وأعوذ بك من شر ما استعاذك منه نبيك سيدنا محمد عليه الصلاة والسلام. اللهم أني أسألك الجنة ونعيمها وما يقربني إليها من قول أو فعل أو عمل وأعوذ بك من النار وما يقربني إليها من قول أو فعل أو عمل
BACAAN DOA TAWAF PUTARAN KEENAM
اللهم إن لك علي حقوقا كثيرة فيما بيني وبينك. وحقوقا كثيرة فيما بيني وبين خلقك اللهم ما كان لك منها فاغفره لي وما كان لخلقك فتحمله عني. وأغنني بحلالك عن حرامك وبطاعتك عن معصيتك وبفضلك عمن سواك يا واسع المغفرة. اللهم إن بيتك عظيم ووجهك كريم وأنت يا الله حليم كريم عظيم تحب العفو فاعف عني
BACAAN DOA TAWAF PUTARAN KETUJUH
اللهم إني أسألك إيماناً كاملاً ويقيناً صادقا ورزقاً واسعاً وقلباً خاشعاً ولساناً ذاكرا وحلالاً طيباً وتوبة نصوحاً وتوبة قبل الموت وراحة عند الموت ومغفرة ورحمة بعد الموت والعفو عند الحساب والفوز بالجنة والنجاة من النار برحمتك يا عزيز يا غفار رب زدني علما وألحقني بالصالحين
BACAAN DOA DI MULTAZAM SETELAH TAWAF
Setelah tawaf Putaran ketujuh, lalu berhenti dan menghadap ke Multazam dan membaca doa berikut:
اللهم يا رب البيت العتيق اعتق رقابنا ورقاب آبائنا وأمهاتنا وإخواننا وأولادنا من النار يا ذا الجود والكرم والفضل والمن والعطاء والإحسان. اللهم احسن عاقبتنا في الأمور كلها وأجرنا من خزي الدنيا وعذاب الآخرة. اللهم إني عبدك وابن عبدك واقف تحت بابك. ملتزم بأعتابك متذلل بين يديك أرجو رحمتك. وأخشى عذابك يا قديم الإحسان. اللهم إني أسألك أن ترفع ذكري. وتضع وزري. وتصلح أمري. وتطهر قلبي وتنور لي في قبري. وتغفر لي ذنبي وأسألك الدرجات العلى من الجنة
Ritual tawaf selesai.
SHALAT DAN BACAAN DOA DI MAQAM IBRAHIM SETELAH TAWAF
Setelah berdoa di Multazam dianjurkan menghadap Maqam Ibrahim dan membaca (واتخذوا من مقام إبراهيم مصلى) setelah itu dianjurkan shalat sunnah dua rakaat. Rakaat pertama membaca Al-Fatihah dan Surah Al-Kafirun, sedang rakaat kedua membaca Al Fatih dan Surah Al-Ikhlas setelah itu membaca doa berikut:
Setelah berdoa di Multazam dianjurkan menghadap Maqam Ibrahim dan membaca (واتخذوا من مقام إبراهيم مصلى) setelah itu dianjurkan shalat sunnah dua rakaat. Rakaat pertama membaca Al-Fatihah dan Surah Al-Kafirun, sedang rakaat kedua membaca Al Fatih dan Surah Al-Ikhlas setelah itu membaca doa berikut:
اللهم إنك تعلم سري وعلانيتي فاقبل معذرتي وتعلم حاجتي فاعطني سؤلي وتعلم ما في نفسي فاغفر لي ذنوبي. اللهم إني أسألك إيمانا يباشر قلبي ويقينا صادقا حتى أعلم أنه لا يصيبني إلا ما كتبت لي رضا منك بما قسمت لي. أنت وليي في الدنيا والآخرة توفني مسلماً وألحقني بالصالحين. اللهم لا تدع لنا في مقامنا هذا ذنبا إلا غفرته ولا هماً إلا فرجته ولا حاجة إلا قضيتها ويسرتها. فيسر أمورنا وأشرح صدورنا ونور قلوبنا واختم بالصالحات أعمالنا. اللهم توفنا مسلمين وأحيينا مسلمين والحقنا بالصالحين غير خزايا ولا مفتونين
SHALAT DAN BACAAN DOA DI HIJIR ISMAIL
Hijir Ismail ialah episode dari Ka'bah. Di sini sunnah shalat 2 rokaat dan membaca doa berikut:
اللهم أنت ربي. لا إله إلا أنت خلقتني وأنا عبدك وأنا على عهدك ووعدك ما استطعت. أعوذ بك من شر ما صنعت أبؤ لك بنعمتك علي وأبؤ بذنبي فاغفر لي فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت. اللهم إني أسألك من خير ما سألك به عبادك الصالحون. وأعوذ بك من شر ما إستعاذك منه عبادك الصالحون. اللهم بأسمائك الحسنى وصفاتك العليا طهر قلوبنا من كل وصف يباعدنا عن مشاهدتك ومحبتك وأمتنا على السنة والجماعة والشوق إلي لقائك يا ذا الجلال والإكرام. اللهم نور بالعلم قلبي واستعمل بطاعتك بدني وخلص من الفتن سري واشغل بالاعتبار فكري وقني شر وساوس الشيطان وأجرني منه يا رحمن حتى لا يكون له علي سلطان ربنا إننا آمنا فاغفر لنا ذنوبنا وقنا عذاب النار
BACAAN DOA SETELAH MINUM AIR ZAMZAM
Setelah dari Hijir Ismail disunnahkan pergi ke air Zamzam dan meminum air. Setelah itu berdoa sbb:
اللهم إني أسألك علما نافعاً ورزقاً واسعاً وشفاء من كل داء وسقم. برحمتك يا أرحم الراحمين
E. BACAAN DOA SETELAH KELUAR MASJID DAN AKAN SA'I KE SHAFA DAN MARWAH
Sebelum keluar masjid untuk bersa'i, maka disunnahkan untuk mencium Hajar Aswad atau melambaikan tangan dari jauh kalau tidak memungkinkan dan dikala keluar masjid membaca doa berikut:
بسم الله والحمد لله. اللهم صلي على سيدنا محمد وعلى آله. اللهم اغفر لي ذنوبي وافتح لي أبواب فضلك
Ø Saat naik ke bukit Shafa dan menghadap Ka'bah membaca bacaan berikut 3x:
لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير، لا إله إلا الله وحده أنجز وعده، ونصر عبده وهزم الأحزاب وحده
Ø Doa di atas juga dibaca dikala hingga ke bukit Marwah.
F. BACAAN DOA SETELAH SA'I
ربنا تقبل منا وعافنا واعف عنا وعلى طاعتك وشكرك أعنا وعلى غيرك لا تكلنا وعلى الإيمان والإسلام الكامل جمعاً توفنا وأنت راض عنا. اللهم ارحمني بترك المعاصي أبداً ما أبقيتني وارحمني أن أتكلف ما لا يعنيني وأرزقني حسن النظر فيما يرضيك عني يا أرحم الراحمين
TEMPAT MIQAT IBADAH HAJI DAN UMRAH
Miqat ialah tempat dimulainya jamaah melaksanakan ibadah haji atau umrah. Miqat ada 5 (lima) tempat yaitu:
1. Dzul Hulaifah 10 km dari kota Madinah berjarak 428 dari Makkah. Miqat bagi jamaah yang berasal dari Madinah atau yang mendekati Makkah dari arah ini.
2. Juhfah yang berjarak 190 km dari baratlaut Makkah. Miqat bagi jamaah dari arah Syria (Suriah) .
3. Yalamlam berjarak 50 km sebelah tenggara Makkah. Miqat jamaah dari Yaman atau dari arah ini mirip China, Jepang, India, Pakistan yang datang dengan kapal laut.
4. As-Sail al-Kabir atau Al-Qarnul Manazil berjarak 90 km sebelah timur Makkah. Miqat Jamaah dari Najd.
5. Dzatu Irq atau Ad-Darbiyah berjarak 85 km dari arah timur laut Makkah
CATATAN :
Ø Miqat-miqat ini berlaku bagi jamaah yang lewat di tempat tersebut baik penduduk asli atau bukan.
Ø Jamaah yang tidak melewati kelima miqat di atas hendaknya berihram dikala lurus dengan miqat terdekat.
Ø Jamaah yang berada di dalam batas-batas miqat mirip penduduk Jeddah dan Makkah maka dapat ihram dari tempat dia tinggal.
ISTILAH-ISTILAH DALAM IBADAH UMRAH
Bier Ali atau Dzul Hulaifah : Merupakan tempat Miqat (mulai memakai ihram).
Dam : Denda bagi mereka yang melaksanakan pelanggaran ketentuan dikala menunaikan Ibadah Haji atau Umroh
Gua Hira : Gua tempat Nabi Muhammad s.a.w mendapatkan wahyu pertama (Surat Al-Alaq, ayat 1-5). Gua ini terletak di Bukit/Jabal Nur. Sekitar 5 km di utara kota Mekah.
Ihram : ialah berniat untuk memulai mengerjakan Ibadah Haji atau Umroh, dengan mengucapkan lafazh niat (tidak hanya dalam hati).
Kiswah : Penutup Ka'bah. Pada Kiswah dihiasi goresan pena ayat suci Al Qu'an yang disulam.
Miqat : ialah tempat atau waktu untuk memulai berniat ihram.
Multazam : ialah dinding yang terletak diantara Hajar Aswad dan pintu Ka'bah. Merupakan tempat yang sanqat dianjurkan untuk berdoa.
Rukun Umrah : ialah acara yang harus dilakukan dalam Ibadah Umrah. Jika tidak dikerjakan maka Umrahnya tidak sah.
Sa'i : ialah berjalan kaki atau lari-lari kecil antara Bukit Safa dan Bukit Marwah. Dengan total 7 kali.
Tahallul : ialah mencukur seluruh rambut atau memotong sedikit rambut. Dengan tahalul berarti sudah bebas dari larangan-larangan dikala ihram ibadah Haji atau Umroh.
Talang Emas : (Mizhab) yang terdapat pada Ka'bah. Posisi Talang Emas ini terletak di atas Hijir Ismail.
Talbiyah : ialah bacaan Labbaik Allahumma labbaik, labbaik laa Syariika laka labbaik, innal hamda wan ni'mata laka wal mulk laa syariika lak.
Tawaf : Mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 Putaran
Tawaf Ifadah : disebut juga Tawaf Rukun ialah salah satu rukun haji yang harus dilaksanakan sendiri. Jika tidak dilaksanakan, hajinya dinyatakan batal.
Tawaf Qudum : atau Tawaf Salam atau Tawaf Selamat Datang dikala gres tiba di Makkah.
Tawaf Wada : ialah Tawaf perpisahan yang dilakukan ketika akan pulang ke tanah air masing-masing.
Sumber: app.android
Sumber: app.android
Komentar
Posting Komentar